Di segmen sport, Mazda memiliki Mazda MX 5 RF, sementara di segmen crossover, Mazda memiliki Mazda CX 5. Kedua produk tersebut berpredikat premium. Di segmen MPV premium, Mazda memiliki Mazda Biante. Biante merupakan pesaing Nissan Serena dan Toyota Alphard. Biante dirilis dalam 2 model, model reguler dan model limited edition. Perbedaan keduanya terletak pada mesin, sistem bahan bakar, transmisi, suspensi, dan eksterior.

Mazda Biante
Mazda Biante. Photo of Carsifu

Spesifikasi Mazda Biante

Sebuah kemustahilan jika model limited edition memiliki fitur yang sama dengan model reguler. Kendati memiliki kapasitas mesin yang sama, model limited edition dilengkapi dengan sistem bahan bakar Electronically Controlled Direct Injection dan fitur S-VT serta ETC pada mesinnya. Soal performa (laju dan tenaga) memang tidak terdapat perbedaan signifikan. Perbedaan lain terletak pada fitur i-Stop yang disertakan pada model limited edition.

Kedua model menggunakan tipe transmisi dan tipe penggerak yang sama, yaitu 6-Speed FWD. Tipe transmisi tersebut menjamin tarikan tenaga yang lebih maksimal. Selain perbedaan pada mesin, terdapat beberapa perbedaan pada desain dan tampilan eksterior antara model reguler dengan model limited edition. Berikut adalah spesifikasi lengkap Biante (reguler) dan limited edition yang diambil dari website otomotif, Semisena.

Model Mazda Biante Mazda Biante Limited Edition
Mesin
Tipe Mesin SkyActiv-G 2.0L, In-Line, 4-Cylinder DOHC, 16-Valve SkyActiv-G 2.0L, In-Line, 4-Cylinder DOHC, 16 Valve with Dual Sequential Valve Timing (S-VT) and Electronic Throttle Control (ETC)
Kapasitas Mesin 1.997 cc
Diameter x Langkah 83,5 x 91,2 mm
Rasio Kompresi 12,0 : 1
Sistem Bahan Bakar Direct Injection Electronically Controlled Direct Injection
Jenis Bahan Bakar (Rekomendasi) Unleaded 91RON Unleaded Gasoline 91RON or above
Tenaga Maksimal 111 kW (151 PS) / 6.000 rpm
Torsi Maksimal 190 kW (19,4 PS) / 4.100 rpm
Idling Stop System i-STOP
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 60 L
Dimensi
Panjang 4.715 mm
Lebar 1.770 mm
Tinggi 1.835 mm
Jarak Terendah dengan Tanah 150 mm
Transmisi
Tipe Penggerak Front Wheel Drive (FWD)
Tipe Transmisi SkyActiv-Drive 6-Speed with Active Adaptive Shift and Direct Mode
Sasis
Suspensi Depan MacPherson Strut Independent Hydraulic Power Steering Assist Steering System
Suspensi Belakang Multi-Link Independent MacPherson Strut
Pengereman
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Solid Disc
Steering
Tipe Power Steering Electro Hydraulic Power Assist Steering Tilt and Telescopic, Leather-Trimmed with Paddle Shifts
Kaki-Kaki
Ban Depan 205 / 60 R16
Ban Belakang 205 / 60 R16

Interior Mazda Biante

Sebagaimana mobil MPV lainnya, Biante memiliki kapasitas yang besar, tepatnya 6 penumpang. Pada bagian dashboard, terdapat layar VGA 6 inci dengan sistem audio layar sentuh dan lampu latar LED. Di bawahnya terdapat audio player DVD dan CD. Terdapat monitor backhead 10,1 inci yang hanya terdapat di model limited edition. Kualitas material Biante memang mewah dan mengesankan begitu juga dengan ruang yang terasa lega.

Exterior Mazda Biante

Terdapat beberapa perbedaan tampilan Biante reguler dengan limited edition. Perbedaan tersebut tidak membuat kesan mewah dan elegannya hilang. Desain pada Biante reguler tidak berbeda jauh dengan edisi sebelumnya dimana terdapat lampu depan tajam dan grille berbentuk V. Sementara pada model limited edition, desain Biante lebih minimalis dan tata ruang yang lebih elegan. Diluar keduanya fitur ciri khas sebelumnya tetap dipertahankan.

Harga Mazda Biante

Dari mesin hingga desain, Biante memang menawarkan pengalaman berkendara yang mewah. Jika tidak mewah, sulit bagi Biante untuk bersaing dengan Serena dan Alphard. Untungnya, MPV premium ini memiliki kapabilitas yang akan membuatnya menjadi pesaing serius untuk kedua MPV populer tersebut. Berpredikat premium dan mewah tentu akan berdampak pada harganya yang sesuai dengan predikatnya tersebut.

Harga Biante terpaut sekitar 1 juta dari Mazda 6. Model limited edition memang dilengkapi dengan fitur yang lebih beragam dan eksklusif. Mazda Biante reguler dijual dengan harga Rp 428.900.000. Dengan tambahan 3 juta saja, Anda bisa mendapatkan fitur yang lebih lengkap dan lebih mengesankan. Biante Limited Edition dijual dengan harga Rp 457.500.000.  Harga tersebut merupakan harga OTR untuk wilayah Jakarta.

Bila anda sedang berada di kota Yogyakarta dan anda membutuhkan armada bus, anda bisa memperoleh armada yang anda inginkan di berbagai sewa bus Jogja dari berbagai rental bus di Yogyakarta.